30 September 2015

fiksimini #48

seorang ustad didatangi seorang pria. ia mengeluh pada sang ustad karena keinginannya kurban tahun ini belum kesampaian.
"kenapa belum bisa kurban?"
"belum cukup ustad, saya sebetulnya sudah nabung setahun, tapi belum cukup juga... masih kurang untuk beli satu kambing."
Sang ustad hanya mengangguk dingin. Pria muda itu melihat ketidaksenangan di wajah sang ustad. Ia pun memegang tangan sang ustad.
"habis bagaimana ustad? uangnya memang belum cukup... saya rela menyerahkan uang saya saat ini... semuanya kalau perlu... tapi memang belum cukup bagaimana dong?.."
sang ustad menepis tangan si pria dan berjalan masuk. Tak mengucapkan apapun.

Didalam mushola seorang murid yang heran melihat kekasaran ustadnya, lalu bertanya.
"ustad, kenapa nggak ramah begitu?"
"biarin aja. orang pelit gitu bikin ane jijik"
"tapi dia sudah mau ngasih semua uang tabungannya.."
"itu sih sedekah... ane bilang pelit karena die nggak mau kurban.."
"kan duitnya belom cukup, ustad"

sang ustad menarik nafas panjang.
"sep, ente liat nggak tadi dia punya dua HP, pake sepatu mahal dan naik motor sport?"
"yah ustad... bisa aja ntu semua cicilan.. kalau cuma HP dua sih belum kaya. ade ade aja ustad"
"heh, sep... emang bener, bisa aja semua itu cicilan. tapi lo liat dong.. dia bisa cicil HP yang 8 jutaan tapi kagak mau nyicil kambing yang cuma 3 jutaan? pake sok nyesel lagi.."
si murid pun manggut manggut.
"salah prioritas berarti ya, stad.."

"kalau cuma ngasih uang sisa dipakai, namanya sedekah... bukan kurban" kata sang ustad pada muridnya.
"Namanya ber ’korban’, ya memang pasti berat. Butuh usaha tambahan untuk memberikan sesuatu yg berharga.. masih untung kite cuma disuruh kurban seharga kambing... coba kayak nabi Ibrahim Alaihissalam disuruh ngorbanin anak.. kagak bakal kuat kite. ini disuruh kurban kambing aja alasannye banyak bener"

Sang murid mengangguk angguk dengan hati tertusuk. Ditutupinya jam tangan barunya, yang didapat dengan berhutang lewat kartu kredit. Harganya setara seekor kambing muda.
Tahun ini ia gagal berkurban, tapi mampu membeli jam tangan itu. Walau bisa dibawa menyelam sampai 40 meter, sang murid yakin jam itu tak akan tahan melawan panasnya api neraka.

No comments:

Post a Comment