30 September 2015

fiksimini #36

Bagir berjalan lesu ke warung langganannya. di dalam warung sudah ada dua rekannya sesama pengojek, Gadung dan Rimang. Mereka keheranan melihat wajah Bagir yang lesu.

"Gir, nape lo? kayak kesemek diparut tu muka.."
"Bukan, kayak cabe tanpa kulit hehehe."
Bagir hanya mengangkat bahu mendengar candaan temannya. ia membanting pantatnya di bangku kayu sebelum berseru pada pak tua pemilik warung.
"Kopi item, pak. gula sesendok kecil aja.." perlahan ia berbalik pada rekannya. "lagi sial gua.. pagi pagi kena tilang polisi. Padahal cuma gak pake helm doang.."
"wah.. kena berape?"
"20 rebu.... padahal gua bawa helm... cuma kagak gua pake, eh tetep aja di todong." Bagir kembali memaki "Dasar polisi tukang sedot.."

Gadung memperbaiki duduknya dan bercerita.
"Gua juga pernah... kena 50 rebu juga gara gara ngelawan arus. padahal udah gua bilang ke dia... paaak, deket doang paaak... cuma dua ratusan meter doaang..
dasar polisi, terus aja dia ngotot. katanya minta sim nya buat bikin surat tilang.. dah gua kasih sim gua.. ternyata udah setahun mati. ngamuk dah dia... goban kena gua.."
"polisi emang rese," kata Rimang, "kalo butuh duit langsung cari cari masalah. biasanya yg kena orang kecil kayak kita..."
"betul tuh... betul"
"gua juga pernah...cuma gara gara ngelewatin lampu merah.
gua yakin kagak bakal ketabrak karena lagi ngebut... eh dikejar juga sama polantas.... kena tilang dah, kagak mau dibayar tuh polisi... rese banget nyusahin gua aja... seharian ngurus sidangnya.."
"emang gitu, polisi cari cari kesalahan kita aja."
"kalau giliran orang bermobil kagak disetop."

Kopi Bagir datang. sejenak percakapan terhenti untuk menyeruput kopi. Mereka pun berpandangan dan tersenyum karena sepakat. - Polisi itu yang brengsek karena menilang mereka, dan Mereka tak bisa salah karena mereka orang kecil. -  Pemilik warung kopi tak ikut tersenyum. Ia hanya ingin bon hutang mereka segera dilunasi.

No comments:

Post a Comment